Sabtu, 10 Desember 2011

tips memilih teman

teman atau sahabat adalah orang terpenting kedua setelah orang tua ... ( kalo menurut ku sih .. )
hidup itu sepi tanpa teman atau sahabat .. nah buat milih teman ,, nih beberapa caranya ...


  • Mengenal diri sendiri; Sebelum mengenal baik sahabat kita alangkah baiknya kita mengenal diri kita terlebih dahulu. dengan begitu kita dapat mengukur kelebihan dan kekurangan diri. sehingga mampu menempatkan diri dalam jalinan persahabatan.
  • Tujuan berteman; Setelah mengenal diri dengan baik, tentunya kita bisa mengetahui teman seperti apa yang kita butuhkan dan tepat untuk diri kita, dan untuk apa kita berteman. mau dibawa kemana hubungan pertemanan ini. sebatas untuk bersenang2, berbagi penderitaan, atau untuk perjuangan mencapai misi yang kita inginkan.
  • Mengenal dan memahami teman secara baik; Dengan mengenal baik teman, kita bisa menyelami perasaannya. membantu kesulitannya, sehingga membuatnya mencintai diri kita. Dengan mengetahui kelemahannya, kita bisa membantunya menjadikan kehidupannya lebih baik.
  • Orientasi pada persamaan dan memahami perbedaan; Saya sengaja memisahkan point ini dengan point sebelumnya. karena sekedar mengenal saja tidaklah cukup. kadang karena mengenal teman secara mendetail, justru tanpa disadari sedang menciptakan jurang konflik dan kebencian. karenanya dalam berteman berorientasilah pada persamaan. dengan persamaan dapat tumbuh kekuatan yang akan melahirkan banyak manfaat kebaikan dalam karya, prestasi, sinergitas, dsb. memang sih setiap orang memiliki perbedaan dalam banyak hal. dan sangat mudah untuk dicari dalam perbedaan, akan tetapi perbedaan yang tidak bisa dijadikan energi positif acapkali menjadi sumber malapetaka bagi hubungan persahabatan dan menghancurkan apa saja yang telah terbangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar